BERBAGAI ATRIBUT DAN APK PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 DI KOTA SUKABUMI SUDAH DITERTIBKAN

 2019-04-16


Berbagai atribut dan APK Pemilu (Pemilihan Umum) Serentak Tahun 2019, yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, serta Pemilu Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 ini, di Kota Sukabumi sudah ditertibkan dan dibersihkan, tepatnya pada tanggal 14 April 2019.

Pelaksanaan penertiban dan pembersihan terhadap APK Pemilu tersebut, dilakukan oleh aparat instansi dan lembaga terkait, yakni oleh Dinas Sat Pol PP Pol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) Kota Sukabumi, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Sukabumi dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi, bahkan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi pun, turun langsung ikut serta menertibkan dan membersihkan APK Pemilu tersebut.

Namun sebelum dilaksanakannya penertiban dan pembersihan terhadap APK Pemilu tersebut, terlebih dahalu dilaksanakan Apel Persiapan, bertempat di Halaman Dinas Sat Pol PP Pol PP Kota Sukabumi, yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, dilaksanakannya penertiban dan pembersihan terhadap APK Pemilu tersebut, karena masa kampanye telah selesai dan sudah memasuki masa tenang. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya penertiban dan pembersihan terhadap APK Pemilu tersebut, sebagai salah satu upaya untuk memberikan rasa tenang dan nyaman kepada segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi, khususnya yang telah memiliki hak pilih.

Dengan demikian, segenap lapisan masyarakat, pada saat proses pelaksanaan Pemilu tersebut, dapat menyalurkan aspirasi dan hak pilihnya secara tenang dan nyaman, sesuai dengan aspirasi dan pilihannya masing-masing, yang dilakukan secara Jurdil (Jujur dan Adil), serta LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia).

Sementara Ketua Bawaslu Kota Sukabumi, H. Ending Muhidin, S.Sos., M.M. menjelaskan, selain sudah melaksanakan penertiban dan pembersihan terhadap berbagai atribut dan APK Pemilu tersebut, pihaknya juga sudah menghimbau kepada seluruh media cetak, elektronik, online dan lembaga penyiaran lainnya, agar pada masa tenang dan proses pelaksaan Pemilu tersebut, tidak menyiarkan berita, iklan, rekam jejak peserta Pemilu tersebut dan bentuk penyiaran lainnya, yang dapat menguntungkan atau merugikan peserta Pemilu tersebut, baik Parpol (Partai Politik) maupun Calon Presiden dan Wakil Presiden RI, serta Calon Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Sukabumi.

sumber : sukabumikota.go.id


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2019 © JDIH Kota Sukabumi