MENDAG RI MEMANTAU HARGA DAN KETERSEDIAAN BAHAN POKOK DI KOTA SUKABUMI

 2019-04-11


Mendag (Menteri Perdagangan) RI, Enggartiasto Lukita, melakukan Kunker (Kunjungan Kerja) ke Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 9 April 2019, dalam rangka memantau harga dan ketersediaan bahan pokok serta bahan strategis lainnya di Kota Sukabumi, menjelang bulan Ramadhan Tahun 1440 Hijriyah.

Adapun kedatangan Mendag RI tersebut, disambut secara resmi oleh Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, serta para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait lainnya. Sedangkan pemantauan tersebut, dilakukan ke Los Pasar Pelita Kota Sukabumi, tepatnya dari arah Jalan Ahmad Yani.

Pada kesempatan tersebut, Mendag RI berdialog dengan para pedagang, tentang harga dan ketersediaan bahan pokok serta bahan strategis lainnya di Kota Sukabumi, serta tidak sedikit para pedagang yang meminta difoto bersama dengan Mendag RI dan rombongan pejabat dari Pemeritah Kota Sukabumi.

Usai melakukan pemantauan dan berdialog dengan sejumlah pedagang Los Pasar Pelita Kota Sukabumi, Mendag RI menjelaskan, hasil pemantauan dan bedialog dengan sejumlah pedagang, bahwa harga dan ketersediaan bahan pokok serta bahan strategis lainnya di Kota Sukabumi aman dan terkendali, serta tidak ada ke khawatiran terutama mengenai harga dan ketersediaan beras.

Sedangkan Daging Ayam yang sempat dikhawatirkan harganya rendah, sesuai keinginan dan pemintaan perternak mandiri untuk dibantu, saat ini harganya sudah sesuai dengan harapan. Namun apabila pedagang menjual Daging Ayam harganya berbeda-beda itu wajar, karena hal tersebut merupakan ciri khas dan kondisi di setiap pasar. Tapi untuk bahan pokok tidak ada yang dikhawatirkan, kendati untuk komoditi Bawang Merah terjadi kenaikan, namun kenaikannya hanya berupa musiman.

Semetara Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, dalam kesempatan tersebut menjelaskan dan memastikan, bahwa ketersedian bahan pokok dan bahan strategis lainnya di Kota Sukabumi, terlebih menjelang bulan Ramadhan 1440 Hijriyah dipastikan aman. Selain itu, harga-harganya pun terpantau stabil, kendati ada yang mengalami kenaikan. Dijelaskan pula, Pemerintah Kota Sukabumi memastikan, bahwa stok pangan di Kota Sukabumi cukup tersedia dan aman, serta harganya pun tidak terjadi kenaikan yang signifikan.

sumber : sukabumikota.go.id


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2019 © JDIH Kota Sukabumi