KUNJUNGAN KERJA DEWAN KETAHANAN REPUBLIK INDONESIA KE KOTA SUKABUMI

 2019-03-14


Wali kota Sukabumi, H.Achmad Fahmi, dan Wakil Wali Kota ,H.Andri S Hamami S.H., MH, menerima kunjungan kerja Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Republik indonesia di Ruangan Utama Balai Kota Sukabumi pada hari Selasa, 12 Maret 2019 .Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi menjelaskan mengenai kondisi Kota Sukabumi baik dari sudut geografis, penduduk, sosial budaya serta dijelaskan pula mengenai visi dan misi wali kota – wakil wali kota periode 2018 – 2023. Sedangkan sekaitan dengan kunjungan Wantanas mengenai mitigasi bencana, Wali Kota menjelaskan Kota Sukabumi menurut Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) ada pada level sedang dengan multi ancaman bencana alam diantaranya gempa bumi.

Pada tahun 2018, kerugian materiil akibat bencana alam dan bencana lainnya, mencapai lebih dari 4 Milyar Rupiah. Mengantisipasi sekaligus meminimalkan resiko dan dampak bencana di masa depan, wali kota – wakil wali kota telah memasukkan mitigasi bencana sebagai bagian visi – misi wali kota – wakil wali kota. Dijelaskan pula bahwa sejauh ini Pemerintah Kota Sukabumi dalam Mitigasi bencana , melalui dinas terkait bersama dinas instansi lainnya telah menyelenggarakan edukasi kebencanaan kepada masyarakat melalui berbagai media.

Sementara itu ketua Tim Dewan Ketahanan Nasional Republik indonesia, Laksda TNI Manahan Simorangkir SE M.Sc, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan program dari WANTANAS untuk mendapatkan data – data dari daerah tentang kebencanaan. Kemudian data tersebut akan dijadikan sebuah rekomendasi yang disampaikan kepada Presiden RI. Wantanas sendiri mendapatkan instruksi dari Presiden yang berkaitan dengan Bela Negara, diantaranya ketahanan nasional menghadapi ancaman geografis. Sehingga wantanas bertanggung jawab untuk mensosialisasikan kepada kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah dalam rangka mitigasi bencana.

sumber : sukabumikota.go.id


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2019 © JDIH Kota Sukabumi