PERSEMIAN RUMAH SINGGAH THALASEMIA PDDI (PERHIMPUNAN DONOR DARAH IN DONESIA ) KOTA SUKABUMI

 2019-03-11


Wali Kota Sukabumi, H.Achmad Fahmi, secara resmi membuka Rumah singgah Thalasemia PDDI (Persatuan Donor Darah Indonesia) pada hari Jumat tanggal 8 Maret 2019 , bertempat di Lantai 2 Apotik Surya Kencana. Adapun yang hadir pada kesempatan tersebut Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalasemia (POPTI) pusat, provinsi dan Kota Sukabumi, ketua PPDI jawa Barat ,PMI kota Sukabumi, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi mengatakan menurut data WHO, indonesia merupakan salah satu negara dengan resiko penderita thalasemia paling tinggi. Dari 100 orang, 6 sampai 10 diantaranya rawan menderita thalasemia. Jumlah penderita Thalasemia di Jawa Barat mencapai sekitar 4000 penderita. Sedangkan di wilayah Sukabumi ada 984 penderita thalasemia dan di kota sukabumi ada 180 penderita thalasemenia.

Keberadaan Rumah Singgah menurut Wali Kota akan sangat membantu, para penderita thalasemia. Karena penderita thalasemia membutuhkan transfusi darah dengan frekuensi berbeda pada setiap penderita. Rumah Singgah dengan fasilitas antara lain 12 ruangan dilengkapi dengan tempat tidur, akan membantu para penderita mendapatkan perawatan dan menghemat waktu dan biaya.

Sementara Itu, Ketua PDDI Kota Sukabumi, H.Oscar Lesnusa, SH,M.M., menjelaskan bahwa thalasemia di temui di seluruh dunia,terutama negara – negara yang termasuk dalam global thalasemia belt termasuk indonesia .Terdapat sekitar 20 juta penduduk Indonesia yang membawa kelainan gen ini. Pada tahun 2016 tercatat 9121 pasien thalasemia major di Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa masih banyak pasien yang belum terdeteksi dan mendapatkan pengobatan optimal. pemeriksaan thalasemia sendiri dapat di lakukan pada penjaringan kesehatan anak sekolah dan posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM). Sedangkan pemeriksaan lebih lanjut di lakukan di fasilitas kesehatan yang memiliki pemeriksaan hematologi lengkap dan analisa Hb baik puskemas maupun Rumah Sakit.

Pada peresmian Rumah Singgah Thalasemia PDDI ini, dilantik pula Duta Thalasemia yang diamanahkan oleh POPTI pusat kepada Ibu Hj. Fitri Hayati Fahmi, S.Ag.,M.MPd.

sumber : sukabumikota.go.id


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2019 © JDIH Kota Sukabumi