PEMERINTAH KOTA SUKABUMI PUSATKAN PERINGATAN HPSN DI TPA CIKUNDUL

 2019-03-08


Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 yang dipusatkan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah, Cikundul, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi, Rabu 6 Maret 2019.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, didampingi Kepala DLH Kota Sukabumi, Drs. Adil Budiman, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd., muspika Kecamatan Lembursitu, komunitas pegiat lingkungan serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sukabumi mengatakan, peringatan HPSN ini dilakukan mengenang sejarah kelam yakni peristiwa longsor yang terjadi di TPA Leuwi Gajah, Cimahi, Bandung, pada 21 Februari 2005 silam. Akibat peristiwa tersebut, sebanyak 141 orang tewas tertimbun longsoran sampah. Oleh karena itu, Wali kota mengajak agar masyarakat Kota Sukabumi berkaca kepada sejarah bahwa sampah bisa membawa musibah dan bisa juga menjadi berkah. Hal itu tergantung pada pengelolaan potensi sampah yang ada di sekitar.

Dijelaskannya, seiring pertumbuhan dan pertambahan penduduk, maka secara bersamaan pula dengan pertambahan produksi sampah karena manusia merupakan produsen sampah. Salah satu contohnya penggunaan celana sekali pakai bagi balita maupun lansia.

Wali kota juga menyebutkan, dengan jumlah penduduk Kota Sukabumi sebanyak 344 ribu jiwa, volume sampah yang dihasilkan per harinya sebanyak 170,2 ton. Namun yang bisa dikelola hanya sekitar 30 persen, karena sebanyak 110 ton masuk ke TPA. TPA Cikundul memiliki luas 10,7 hektar. Sedangkan lahan yang tersisa saat ini hanya 1,2 hektar. Oleh karena itu, apabila sistem pengelolaan sampahnya hampir sama dengan tahun sebelumnya maka luas lahan TPA yang tersisa hanya bisa menampung sampah kurang dari satu tahun.

Oleh karena itu Wali kota mengajak agar momentum HPSN dapat dijadikan sarana kobalorasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam mengelola sampah. Mulai dari mengurangi, menggunakan kembali dan daur ulang sampah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi menambahkan, saat ini pihaknya memiliki sebanyak 11 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R yang tersebar di setiap kelurahan. Tak hanya itu, pihaknya pun telah mendirikan bank sampah yang bekerja sama dengan sejumlah komunitas pegiat lingkungan.

sumber : sukabumikota.go.id


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2019 © JDIH Kota Sukabumi