WALI KOTA SUKABUMI MELAKSANAKAN GERAKAN KEBERSIHAN

 2019-01-23


Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kavaleri Mujahidin, S.Sos., PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), para Camat dan Lurah, para ASN (Aparatur Sipil Negara), para Pelajar SD dan SMP serta Mayarakat, melaksanakan gerakan kebersihan di beberapa ruas jalan di Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 19 Januari 2019.

Adapun rute gerakan kebersihan tersebut dibagi dalam dua rombongan. Yakni rombongan pertama, start dari Halaman Setda Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Ir. H. Juanda, Jalan R,E. Martadinata, Jalan Perintis Kemerdekan, dan finish di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, serta rombongan kedua, start dari Halaman Setda Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Zaenal Zakse, Jalan A. Yani, dan finish di Alun-Alun Masjid Agung Kota Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Budaya Gerakan Jumsih (Jumat Bersih) sekarang mulai hilang, akibat banyaknya masyarakat yang sibuk. Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi telah menginstruksikan kepada seluruh OPD serta Kecamatan dan Kelurahan di Kota Sukabumi, agar menghidupkan dan melaksanakan kembali Gerakan Jumsih di wilayahnya masing-masing. Karena beberapa bencana alam khususnya bencana banjir yang terjadi di Kota Sukabumi, diantaranya disebabkan oleh kesalahan masyarakat yang tidak disiplin dalam membuang sampah, sehingga sejumlah sungai dan kali serta saluran air tidak berfungsi dengan baik, akibat tersumbat oleh tumpukan berbagai jenis sampah dan mengakibatkan terjadinya bencana banjir, sebab airnya meluap.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi melaksanakan Gerakan Kebesihan dengan mengikutsertakan para Pelajar SD dan SMP, sekaligus mengajarkan kepada para pelajar tersebut tentang cara menjaga lingkungan yang baik, bersih, nyaman, indah dan sehat, dalam nuansa kegembiraan. Selain itu, juga dalam rangka menunjukan komitmen bersama, karena pada tahun 2019 ini, Pemerintah Kota Sukabumi mendapat kembali Piala Adipura yang ke 9 kali, sekaligus menunjukan komintmen bersama dengan seluruh pemangku kepentingan di Kota Sukabumi, bahwa kebersihan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan semua pihak.

Dalam pada itu, salah seorang masyarakat, Abdul Afrilian menjelaskan, segenap lapisan masyarakat Kota Sukabumi ingin membuktikan Kota Sukabumi yang bersih, nyaman dan sehat, serta kebetulan ada program gerakan kebersihan yang diberitahukan melalui grup W.A. Diharapkannya, melalui gerakan kebersihan ini, Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi, lebih bersih, lebih nyaman dan lebih sehat, seraya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Sukabumi, agar tidak membuang sampah sembarangan. Diharapkan pula, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, dapat memberikan berbagai prestasi yang terbaik bagi pemerintah dan masyarakat Kota Sukabumi dalam berbagai bidang.

sumber : sukabumikota.go.id


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2019 © JDIH Kota Sukabumi