WALI KOTA SUKABUMI MEMIMPIN RAPAT EVALUASI AKIP KOTA SUKABUMI TAHUN 2018

 2018-10-10


Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., Penjabat Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si. dan Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Drs. H. Andri Setiawan, M.M., hari Selasa, 9 Oktober 2018, bertempat di Operation Room Setda Kota Sukabumi, memimpin Rapat Evaluasi AKIP (Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Kota Sukabumi, bersama para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta para Camat dan Lurah se Kota Sukabumi.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Pemerintah Kota Sukabumi sudah beberapa kali mendapat penghargaan LHE AKIP (Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Kabupaten dan Kota se Indonesia, yang terakhir mendapat penghargaan LHE AKIP dengan Predikat Nilai BB atau Sangat Baik, dari Kementerian PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI. Untuk itu, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh OPD serta Kecamatan dan Kelurahan se Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal melakukan evaluasi sekaligus memperbaiki berbagai kekurangan yang ada saat ini, supaya LHE AKIP Kota Sukabumi ke depannya bisa lebih baik lagi.

Selain itu, juga agar senantiasa berupaya optimal melakukan evaluasi dan melaksanakan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), sebagaimana yang tertuang dalam Perpres (Peraturan Presiden) RI Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP. Dijelaskannya, dalam Perpres tersebut disebutkan, bahwa SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur, yang dirancang untuk penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka mempertanggungjawaban dan meningkatkan kinerja instansi pemerintah. Sedangkan AKIP untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sebagai salah satu prasyarat terciptanya pemerintahan yang baik dan terpercaya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Wali Kota Sukabumi meminta kepada seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal mewujudkan tata kepemerintahan yang baik, dengan menjalankan 9 unsur. Antara lain, partisipasi masyarakat, tegaknya supremasi hukum, transparansi, peduli pada stakeholder, berorientasi pada konsensus, kesetaraan, efektivitas dan efisien, serta akuntabilitas dan visi strategis. Dikatakannya, kepemerintahan yang baik akan bermakna apabila keberadaannya ditopang oleh 3 pilar yang kokoh. Antara lain the state, the private sector dan civil society.

sumber: sukabumikota.go.id


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2018 © JDIH Kota Sukabumi