STAF KANTOR KEPRESIDENAN RI MEMUJI SP4N E-LAPOR PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

 2018-10-08


Staf Kantor Kepresidenan RI, Mas Muhammad Gibran Sesunan, S.H., memuji SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi, yang diselenggarakan oleh Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi. Adapun salah satu indikatornya, yakni pemanfaatan aplikasi chating sebagai wadah untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi dengan berbagai SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. Karena sampai dengan saat ini, penyelenggaraan SP4N e-Lapor ini, di beberapa daerah masih mengalami kendala koordinasi dengan para pejabat penghubung yang ada di berbagai SKPD.

Pujian Staf Kantor Kepresidenan RI tersebut, disampaikan saat menjadi nara sumber pada Forum Knowledge Sharing SP4N e-Lapor, yang diselenggarkan oleh Kementerian PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI, bersama Kantor Staf Kepresidenan dan Ombudsman, dihadapan 50 Penyelenggara SP4N e-Lapor, yang terdiri dari Pemerintah Provinsi serta Pemerintah Kota dan Kabupaten se Indonesia, tepatnya tanggal 3 Oktober 2018, di Ruangan Pertemuan Kementerian PAN-RB Jakarta.

Kegiatan tersebut, diisi pemaparan dari para nara sumber, khususnya mengenai capaian SP4N dari tahun 2017 hingga bulan September 2018, termasuk berbagai kendala dan tantangan dalam pengelolaan sistem e-Lapor, yakni layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat di berbagai daerah, serta forum berbagi wawasan penyelenggaraan SP4N e-Lapor, diantaranya dari Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, Diskominfo Kabupaten Bandung, Diskominfo Kota Cirebon, dan Diskominfo Kota Semarang.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik dan Statistik Diskominfo Kota Sukabumi, Tantan Sontani, S.IP., M.Si. didampingi Kasi Pengelolaan Informasi dan Opini Publik Diskominfo Kota Sukabumi, Riksan Satyaprawira, S.S. mengungkapkan, sejak bulan Januari hingga awal bulan Oktober 2018 ini, pengaduan masyarakat melalui SP4N e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi mencapai 50 pengaduan dan aspirasi, serta semuanya telah direspon oleh setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Diungkapkan pula, selain melalui sistem tersebut, Diskominfo Kota Sukabumi juga mengelola pengaduan dan aspirasi masyarakat, melalui Fanpage Facebook Diskominfo Kota Sukabumi, Akun Twitter @pemkot_sukabumi dan LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) RSPD (Radio Siaran Pemerintah Daerah) 93,1 FM Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, bagi masyarakat Kota Sukabumi yang hendak menyampaikan pengaduan dan aspirasi tentang pelayanan publik melalui SP4N e-Lapor Pemerintah Kota Sukabumi, dapat mengirimkan SMS ke Nomor 1708, dengan format SMS-nya, yakni sukabumikota spasi isi pengaduan, serta dapat mengakses website www.lapor.go.id dengan mencantumkan identitas lengkap pada setiap pengaduan dan aspirasi.


Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi
Jl. R. Syamsudin, SH. No. 25 Sukabumi Tlp (0266) 220294
2018 © JDIH Kota Sukabumi